Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-93

MPASI Aisha Hari Ke-93 (16 Juni 2019)

 

Di hari Minggu ini saya kembali membulatkan tekad untuk memasak kembali. Karena di hari ini juga kami baru saja berbelanja ke supermarket. Hehehe.

Namun di pagi harinya, saya mencoba membuat MPASI instan Promina “ala homemade” yang varian rasa Salmon Wortel. Cara membuatnya tetap dimasak di atas api selama kurang lebih 10 menit. Namun ternyata, Aisha tidak begitu menyukainya. HAHAHA bhaique!

Akhirnya setelah hanya masuk 3 atau 4 sendok kecil suapan si Promina tersebut, kami pun berangkat ke supermarket. Sepulangnya dari  berbelanja, saya langsung membuat bubur nasi hati ayam seperti biasanya. Hehehe.

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-93”

Advertisements
Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-62

MPASI Aisha Hari Ke-62 (14 Mei 2019)

 

MPASI Aisha hari ke-62 ini kembali mix antara instan Milna dengan homemade. Milna untuk sarapan dan homemade untuk makan siang dan malam.

 

Jadi, MPASI Aisha hari ke-62 ini terdiri dari:

Milna varian rasa “Tim Hati Ayam Bayam”

– MPASI homemade hari ke-62

 

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-62”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-54

MPASI Aisha Hari Ke-54 (6 Mei 2019)

 

Hari ini adalah hari pertama Puasa Ramadhan. Namun saya tidak berpuasa dikarenakan datang bulan.

Hari ini juga hari pertama di awal minggu. So mari kita bersemangat kembali! Haha.

Oiya, hari ini juga untuk pertama kalinya saya perkenalkan Aisha tekstur tanpa saring. Jadi mungkin semacam nasi tim lembek seperti itu ya. Dan alhamdulillah-nya Aisha mau makan dan bisa habis, walau harus berjeda bermenit-menit dulu makannya.

Kenapa kok saya tiba-tiba naik tekstur yang mungkin dirasa “ekstrim”?

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-54”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-51

MPASI Aisha Hari Ke-51 (3 Mei 2019)

 

Menu MPASI Aisha hari ke-51 ini tidak jauh berbeda dengan menu MPASI pada hari sebelumnya, hari ke-50. Hanya saja hari ini saya tidak menambahkan sayuran ke dalam menu. Tadinya saya mau membuat sayur bayam lagi, akan tetapi merasa tidak sempat, dan jadilah ke-skip. HAHAHAH. Alasan kamu gan! XD

 

Jadi…..menu MPASI homemade Aisha di hari ke-51 ini terdiri dari:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-51”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-50

MPASI Aisha Hari Ke-50 (2 Mei 2019)

 

Wow, sudah 50 hari saja ya sejak Aisha genap berusia 6 bulan. Alhamdulillah. ūüôā

Hari ini saya kembali masak untuk MPASI Aisha di hari ke-50 ini. Dan kembali menu andalan untuk protein hewani-nya adalah hati ayam. Haha. Dan alhamdulillah-nya Aisha bisa lahap dan masuk banyak, walau seperti biasa, harus ada drama-drama selingan juga di tengah-tengah makan.

 

MPASI Aisha hari ke-50 terdiri dari:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-50”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-41

MPASI Aisha Hari Ke-41 (23 April 2019)

 

MPASI Aisha hari ke-41 ini kombinasi antara Pureeland dan MPASI homemade buatan saya sendiri. Yeay! 

Ngomong-ngomong, di hari ke-41 ini saya kembali memberikan Aisha hati ayam sebagai sumber protein hewani-nya. Dan ternyata seperti yang sudah saya duga, Aisha sangat mangap-ngap-ngap menerima suapan dari saya. Hehe. Memang sepertinya semakin tertebak kalau Aisha itu suka sekali dengan hati ayam ya.

 

Jadi, menu MPASI Aisha hari ke-41 ini adalah sebagai berikut:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-41”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-38

MPASI Aisha Hari Ke-38 (20 April 2019)

 

Hari ini masih suasana long weekend. Hari ini juga saya akan meet up dengan teman-teman semasa kuliah. Walau demikian dan suasana masih hari libur, saya hari ini kembali bersemangat untuk memasak lagi MPASI homemade untuk Aisha. Kebetulan juga persediaan hati ayam oleh-oleh Bapak saya dari Ibu minggu lalu juga masih ada.

Menu MPASI Aisha hari ke-38 ini adalah sebagai berikut:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-38”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-35

MPASI Aisha Hari Ke-35 (17 April 2019)

 

Selamat hari libur dan selamat mencoblos!

Hari ini, 17 April 2019, merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Karena hari ini, seluruh Masyarakat Indonesia merayakan puncak pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya untuk berpartisipasi di dalam kegiatan Pemilu Presiden untuk periode tahun 2019 – 2024. Seperti juga saya yang ikut merayakan euphoria suasana meriah hari ini dengan tetap semangat memasak MPASI homemade untuk Aisha. Hahaha!

Namun, dikarenakakan hari ini adalah hari libur juga, jadilah saya kombinasi pemberian MPASI Aisha di hari ke-35 ini. Ada Pureeland varian rasa “Oat and Sweet Potato” sebagai sarapan Aisha.

 

Jadi, MPASI Aisha di hari ke-35 ini adalah:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-35”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-33

MPASI Aisha Hari Ke-33 (15 April 2019)

 

Menu MPASI Aisha hari ke-33 ini kembali homemade dan kembali kepada hati ayam sebagai sumber protein hewani-nya. Untuk sarapannya, masih mengkonsumsi MPASI homemade  hari ke-32, baru untuk maka siang dan makan malamnya MPASI homemade the day hari ke-33.

 

Jadi, untuk MPASI hari ke-33 terdiri dari:

– MPASI homemade hari sebelumnya (MPASI hari ke-32)

РMPASI homemade hari ke-33 (the day)

 

Berikut ini merupakan menu MPASI Aisha hari ke-33

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-33”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-32

MPASI Aisha Hari Ke-32 (14 April 2019)

 

Menu MPASI Aisha di hari ke-32 ini kembali saya berikan masakan sendiri walau masih yang “gitu-gitu saja”. Haha. Belum bisa kreatif macam orang-orang lain. Tapi yang paling penting, masih bisa untuk menu MPASI 4 bintang.

Tidak hanya buatan sendiri, untuk sarapannya, Aisha kembali mengkonsumsi Mamma Kanin hari sebelumnya yang memang belum habis (2/3 cup) yang mana alhamdulillah bisa habis-bis-bis-bis saat sarapan.

 

Jadi, menu MPASI Aisha untuk hari ke-32 adalah sebagai berikut:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-32”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-30

MPASI Aisha Hari Ke-30 (12 April 2019)

 

Menu MPASI Aisha hari ke-30 ini masih tidak berbeda dengan menu pada hari-hari sebelumnya. Namun berhubung hari ini sayurnya habis dan saya tidak sempat ke abang tukang sayur, jadilah sayurnya ambil dari protein nabati juga, dengan porsi protein hewaninya lebih banyak daripada biasanya, sebanyak 60 gram.

Oiya, saya pernah membaca juga, katanya seharusnya porsi protein hewani itu memang harusnya banyak, minimal 100 gram per hari. Namun pada detik ini saya mengetik, saya masih enggan untuk membuka tab baru untuk mencari sumber yang lebih valid. Haha.

Berikut merupakan menu MPASI Aisha hari ke-30:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-30”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-28

MPASI Aisha Hari Ke-28 (10 April 2019)

 

Menu MPASI Aisha hari ke-28 ini tidak berbeda dengan hari sebelumnya (hari ke-27). Namun per hari ini saya menambahkan volume karbohidratnya (beras putih) 2 x lipat daripada hari-hari sebelumnya, yaitu menjadi 2 sdm. Sebenarnya sih seharusnya sudah sejak awal 2 sdm (berdasarkan hasil membaca resep-resep MPASI yang bertebaran di internet), namun kemarin saya masih mikirnya anak juga belum banyak habis makannya dan masih lebih banyak butuh protein untuk pertumbuhan.

Tapi semenjak Aisha bisa ngesot (akhirnya) untuk yang pertama kalinya hari kemarin, jadilah juga saya tambahkan karbohidrat sebagai energinya untuk bergerak yang semakin banyak. Ada yang mengatakan juga, jangan sampai kekurangan karbohidrat karena ditakutkan terkena stunting. Na’udzubillahimindzalik…

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-28”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-27

MPASI Aisha Hari Ke-27 (9 April 2019)

 

MPASI Aisha hari ini kembali ke menu homemade alias buatan mamak sendiri. Hehe. Mumpung sudah kembali fit dan bersemangat juga.

Oiya, kenapa hari Senin kemarin berasa¬†tepar¬†parah, karena kemarin itu saya sudah terbangun dari jam 3 pagi dan tidak tidur kembali sampai bertemu malam kembali. Ya…walau sempat mungkin kurang-lebih 30 menit tidur-tiduran sekitar pukul 8 pagi, tapi tetap saja energi rasanya kayak yang berkurang banget. Sudah begitu kan hari Minggu-nya kegiatan seharian sampai malam juga. Haha. Lagipula kalau pagi-pagi Aisha minta mimik susu saja dan kembali tertidur. Jadilah yaa ikutan lah yaa walau sejenak saja.

Tapi tidak dengan hari Selasa ini. Saya kembali bersemangat untuk memasak.

Menu MPASI Aisha hari ke-27 ini adalah sebagai berikut:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-27”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-25

MPASI Aisha Hari Ke-25 (7 April 2019)

 

MPASI Aisha hari ke-25 ini kembali memasaknya menggunakan slow cooker (SC) dikarenakan karena akan bepergian dari pagi. Jadilah memasaknya saat tengah malam minggu dengan mode memasak selama 4 jam. Sehingga di pagi harinya sudah dapat disaring.

 

Berikut merupakan menu MPASI Aisha di hari ke-25 ini:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-25”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-24

MPASI Aisha Hari Ke-24 (6 April 2019)

 

Waaah sudah bertemu weekend lagi ya! Haha! Nggak kerasa juga Aisha sudah hampir mau sebulan aja makan makanan padat selain ASI.

Hari iniii…seperti biasanya, sedang agak malay abiz buat masak. Ditambah MPASI hari sebelumnya (hari ke-23) masih ada, alias dimasaknya kemarin itu siang hari. Jadilah sarapan hari ini menunya sama persis dengan menu MPASI hari kemarin.

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-24”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-22

MPASI Aisha Hari Ke-22 (4 April 2019)

 

Hari ini kembali kepada menu MPASI homemade. Namun, lagi-lagi saat ini masih masa “penghabisan” “oleh-oleh” yang sudah dibawakan neneknya Aisha dari kampung halaman. Jadilah hari ini Aisha kembali mengkonsumsi hati ayam sebagai protein hewaninya.

Berikut merupakan menu MPASI Aisha di hari ke-22 ini:

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-22”

Daily Recipes, MPASI

MPASI Aisha Hari Ke-20

MPASI Aisha Hari Ke-20 (2 April 2019)

 

Sebelum memulai tulisan, saya mau bercerita. Kalau sebenarnya dari beberapa hari kemarin, saya itu ada mix MPASI instan Milna dan homemade. Terutama untuk sarapannya. Memang sih, tidak setiap hari mix-nya, hanya beberapa hari saja. Mostly disebabkan karena bangun kesiangan pasca Subuhan, atau memang karena si anak kurang begitu suka dengan menu yang sedang disajikan. Contohnya seperti kemarin saat diberikan salmon, ternyata Aisha malah tidak begitu menyukainya.

Masih relate dengan postingan sebelumnya, kalau saya itu kebetulan memang dari awal saat belanja kebutuhan MPASI, saya hanya membeli merk Milna untuk simpenan  MPASI instan di rumah. Makanya saya saat ini kalau bilang tentang Milna itu, dia sebagai andalan penyelamat saya banget deh kalau lagi urgent.

Continue reading “MPASI Aisha Hari Ke-20”