MPASI

MPASI Aisha Hari Pertama

Tidak terasa waktu cepat berlalu. Rasanya baru kemarin diri ini masih berkutat “gimana caranya hamil”, eh sekarang anaknya sudah 6 bulan saja. Time flies…

6 bulan, di mana seperti bayi pada umunya, Aisha pun sudah bisa untuk mulai makan rutin setiap hari. Yeay!

Sebelum tiba hari ini, sebenarnya saya sudah mengenalkan Aisha sedikit makanan, seperti pisang, MPASI instan, dan MPASI homemade, saat ia berusia 5,5 bulan, sekitar awal Bulan Maret 2019 ini. Karena pada tanggal 14 Maret 2019 ini, Aisha dianggap genap berusia 6 bulan. Mengapa “dianggap“? Karena mengingat Bulan Februari hanya 28 hari, plus saya-nya yang tidak menghitung secara detail sudah berapa hari sejak Aisha lahir di dunia pada 14 September 2018 lalu. Hehe. (Bahkan saat sedang menulis ini, saya pun masih belum menghitungnya, haha.)

Nah, berikut ini merupakan menu MPASI yang dikonsumsi Aisha di hari pertamanya memasuki usia 6 bulan.

 

Menu MPASI Aisha Hari Ke-1 (14 Maret 2019)

Untuk MPASI Aisha, saya sudah memilih agar istiqomah selalu memberikan MPASI Menu 4 Bintang bukan menu tunggal, dikarenakan mengikuti apa yang sudah direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization). Walau mungkin di awal-awal ini saya kurang “komplit”, namun saya berjanji untuk tidak memberikan menu tunggal sebagai makanan utama. Sekalipun ingin memberikan menu tunggal (dalam bentuk buah) hanya diberikan sebagai snack saja.

Dan ini adalah menu MPASI Aisha di hari pertamanya:

– Karbohidrat : Beras (Bubur)

– Protein Nabati : Tahu

– Protein Hewani : Hati Ayam

– Sayuran : Brokoli

– Lemak Tambahan (LT) : Unsalted Butter (UB)

Untuk memasaknya, saya hanya mengandalkan penggunaan slow cooker (SC) karena merasa praktis, terutama di hari-hari pertama MPASI seperti ini. (Emaknya juga butuh adaptasi kali, wkwk.) Dan untuk di hari-hari pertama ini, emaknya juga belum persiapan air kaldu dooonk. Hahaha, kacau!

quicksquare_201931410124940
MPASI Aisha Hari Pertama

 

Beras 1 sendok makan (sdm), tahu sekitar 20 gram (1 tahu utuh dibagi 4), hati ayam sekitar 30 gram, brokoli sekitar 40 gram, dan UB merk Elle Vire 1 bungkus bulet semuanya langsung masuk ke dalam SC dengan ditambahkan air 200 ml selama 4 jam. Untuk sayuran dan lauk-pauknya, diparut terlebih dahulu sebelum masuk ke SC. Kebetulan SC yang saya gunakan berukuran 0,8 L dengan timer mode  memasak maksimal di 4 jam. Dan MPASI tanggal 14 Maret 2019 ini, saya memasaknya di tengah malam dini hari, sehingga di pagi harinya sudah bisa langsung disaring dan disajikan.

quicksquare_201931483111681
MPASI Aisha Hari Pertama

 

Oiya, di dalam menyiapkan semua bahan makanan MPASI ini, saya masih menggunakan bantuan timbangan makanan digital dan gelas ukur air  milimeter. HAHAHA. Berhubung saya tidak jago masak dan tidak terbiasa masak di hari-hari sebelumnya, jadilah masih kagok untuk memulai lagi di awal-awal memasak kembali begini. Apalagi ini berkaitan dengan MPASI. Wkwk. 😀

Jadi, inilah pengalaman MPASI Aisha di tanggal 14 ke-6-nya. Mudah-mudahan emaknya bisa istiqomah rajin masak setiap hari dan syukur-syukur bisa langsung ditulis di blog. Sehingga, bisa bantu-bantu “mengurangi beban” keharusan setor tulisan 1 minggu sekali pada komunitas blog yang sedang saya ikuti. Hehe.

Selamat makan! ❤

 

Pondok Pinang,

14 Maret 2019

 

 

 

 

Advertisements

1 thought on “MPASI Aisha Hari Pertama”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s