Entertainment, Hobby, Public Transportation, Review Hotel, Traveling

Setelah 28 Tahun, Akhirnya Ke Bali Juga! – Part 2

Halo internet!

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang liburan perdana saya ke Bali (klik link ini yaa…hehe), maka saya akan kembali melakukan review sebuah hotel seperti pada tulisan-tulisan saya sebelumnya mengenai Review Hotel. Dan untuk kali ini, hotel yang akan saya review adalah salah satu hotel yang berlokasi di salah satu tempat favorit wisatawan di Bali, yaitu di area Pantai Kuta.

So, cekidot gan!

Review Maharani Beach Hotel – Kuta, Bali

Namanya adalah Maharani Beach Hotel. Hotel bintang 3 ini berlokasi di tempat yang sangat strategis dan sangat dekat sekali dengan Pantai Kuta, Bali. Lebih tepatnya, lokasi hotel ini berada persis  di pinggir garis Pantai Kuta.

Jadi, saat teman-teman baru keluar dari hotel ini, akan langsung terlihat salah satu pintu masuk Pantai Kuta, walau bukan pada pintu utama, melainkan sebuah pintu kecil untuk lalu-lalang orang-orang yang berjalan kaki. Kalau saya boleh bilang, benar-benar sangat strategis!

Lalu, bagaimana dengan harga hotel jika lokasi hotel super strategis seperti itu?

Nah, ini dia. Hehe.

Seperti yang sudah saya sebutkan dalam tulisan sebelumnya, kalau liburan ke Bali ini saya merasa super beruntung dan tidak merasa rugi sama sekali dikarenakan dapat merasakan harga-harga cantik yang relatif super murah, dari harga tiket pesawat pulang-pergi Jakarta-Bali, sampai dengan harga hotel, yang padahal liburan kali itu dilakukan pada musim libur long weekend.

Yep, benar sekali.

Jadi, kami mem-booking hotel ini sekitar  1 bulanan sebelum jadwal keberangkatan. Saat itu kondisinya, saya dan pasangan benar-benar buta akan suasana Bali atau tempat-tempat wisata di Bali, karena memang kami belum pernah sama sekali pergi ke Bali.

Maka, saat itu yang saya pikirkan sebagai wisatawan perdana yang berkunjung ke Bali, saya ingin sekali menuju salah satu destinasi wisata ter-favorit di Bali dan dapat menginap di dekat destinasi wisata favorit tersebut. Saat itu yang terpikirkan hanyalah Pantai Kuta. Dan saya langsung browsing hotel-hotel apa saja yang berada dekat dengan pantai tersebut.

Cari dan mencari, yang saya lihat rata-rata menawarkan harga di angka 1 juta ke atas per malamnya, untuk hotel-hotel yang berada pada garis Pantai Kuta. Bahkan malah lebih banyak juga yang menawarkan harga di angka 2 juta ke atas per malamnya. Wow, pikir saya waktu itu. Saat mencari di awal, saya masih hanya browsing via aplikasi travel online saja.

Kemudian karena masih belum mendapatkan hotel yang pas di hati, maka saya beralih melakukan pencarian hotel-hotel lain melalui Google Maps yang masih dekat dengan pantai. Nah, ketemulah beberapa hotel dan menawarkan harga di angka 500 – 600 ribu-an per malamnya. Namun sayangnya, dari beberapa hotel yang saya temukan dengan range harga demikian, mengharuskan kami berjalan beberapa meter untuk dapat mencapai Pantai Kuta jika jadi menginap di antara hotel-hotel tersebut.

Kembali deh saya semakin getol cari dan mencari. Dan…..saya pun akhirnya menemukan Maharani Beach Hotel ini. Tapi yang lucu dan anehnya, kok nama hotel ini tidak muncul dalam suggestion pencarian hotel area sekitar Pantai Kuta saat saya melakukan pencarian melalui aplikasi travel online ya?  Hmmm…

Setelah menemukan hotel ini via Google, saya baru kembali lagi ke aplikasi travel online untuk melakukan cek harga. Dan taraaa……! Yeay! Saya menemukan harga di angka 700 ribu-an per malamnya di jenis kamar terbaik dari hotel ini, di mana infomasi yang saya lihat pada aplikasi, harga tersebut merupakan harga diskon sekitar 50% dari harga normal. Wow!

Lokasi Maharani Beach Hotel – Kuta, Bali

Ketika saya cek melalui Google Maps, lokasi Maharani Beach Hotel ini benar-benar sangat strategis di area Pantai Kuta. Sudah dekat dengan pantai, lokasi hotel ini juga dekat dengan sebuah mall yaitu Beachwalk Kuta Bali. Oiya, sebagai informasi saja, mall ini sebenarnya dekat dengan 2 hotel ternama, yaitu Harris Hotel dan Sheraton Hotel. Tapi…..jangan ditanya, tidak mungkin lah kami menjadikan kedua hotel ini sebagai opsi liburan kami berhari-hari tersebut, haha. Lihat saja harga per-malamnya yang mencapai sekitar 2 juta-an hingga 3 juta-an! Nggak mungkin banget kan… Hehe.

Gambar di bawah ini merupakan gambaran pada peta lokasi Maharani Beach Hotel di area Pantai Kuta, Bali.

Lokasi Maharani Beach Hotel (source: Google Maps)

Dan pada gambar di bawah ini merupakan penampakan hasil pencarian kami pada sekitar 1 bulanan sebelum tanggal 10 Mei 2018, yang dibandingkan dengan harga hotel yang kami lihat pada aplikasi travel online yang sama namun di H-1 sebelum tanggal 10 Mei 2018. Perbedaan yang sangat signifikan! Hal ini lah yang membuat saya merasa semakin beruntung dapat berlibur pada liburan long weekend kali itu. Kok bisa ya? Begitu saya pikir saat sebelum hari keberangkatan liburan kemarin.

Screenshot Hasil Pencarian Harga Hotel via Traveloka

Saat itu kami berpikir, mungkin dari pihak hotel memanfaatkan momen libur long weekend kepada para travelers yang sedang mencari hotel secara dadakan, maka harga hotel menjadi sangat tinggi dari hari-hari biasanya. Yeah, mungkin…

Kondisi Kamar Hotel pada Maharani Beach Hotel – Kuta, Bali

Pada kesempatan libur panjang kemarin, saya dan pasangan berkesempatan mencicipi jenis kamar hotel terbaik dari jenis kamar yang ada pada Maharani Beach Hotel, yaitu tipe kamar Deluxe Ocean View di mana dari namanya saja, sudah tertebak jenis kamar seperti apa yang kami tempati kan. Yep, kamar hotel kami memiliki view langsung menghadap ke arah pantai dan lautan. Cakeps!

Gambar di bawah ini merupakan penampakan view dari kamar kami. Ada balkonnya juga loh!

Pemandangan dari Balkon Kamar Hotel Kami di mana Dapat untuk Menikmati Sunset Juga ❤

Dan berikut ini adalah penampakan kamar kami menginap selama 4 hari 3 malam.

Penampakan Kamar “Deluxe Ocean View” Maharani Beach Hotel

Menurut saya, dari segi kamarnya dan fasilitas yang diberikan sudah sangat-sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan berlibur kami selama berhari-hari tersebut, seperti heater, lemari penyimpan pakaian, kursi, meja, dsb. Cuman…..ya, cuman

Ada satuuuuu saja sayang-nya, yaitu, kloset-nya. Kloset-nya tidak ada semprotan kecilnya, baik yang terpisah menggunakan selang maupun yang menyatu di kloset. Bener-bener tipe yang “bule banget” deh. Sementara, sebagai seorang Indonesian, pasti rada-rada gimana gitu kan yah kalau pakai toilet kering. Huhu. Tapi ya untungnya ini kan di kamar mandi hotel, jadinya masih bisa lah ya memanfaatkan shower mandi. Ya cuman itu aja satu sih…..yang agak kurang sreg-nya. Overall, untuk suasana kamar, menyenangkan sekali menurut saya.

Suasana Hotel

Untuk suasana hotelnya sendiri, tidak terlalu banyak hal unik yang kami temukan di Maharani Beach Hotel ini. Mengingat hotel tersebut merupakan hotel bintang 3 dan merupakan hotel dekat dengan area wisata yaitu pantai, jadi memang tidak terlalu banyak hiasan bagian dalam yang saya lihat.

Pada salah satu dinding hotel yang dekat dengan ruang resepsionis menuju tangga dan lift, terdapat sebuah lukisan berbentuk ukiran wajah, di mana jika kita berjalan di depannya, arah mata dan hidung pada lukisan wajah tersebut akan ikut bergerak seiring dengan mata kita yang bergerak melihat melewatinya.

Lukisan Wajah pada Salah Satu Dinding Hotel

Dan berikut ini merupakan suasana penampakan hotel, dari tampilan depan hingga sebagian bagian dalamnya.

Penampakan Maharani Beach Hotel di Malam Hari dari Luar Hotel

Suasana di Dalam Maharani Beach Hotel pada Lantai Dasar

Tangga Menuju Lift Hotel

Hotel ini berseberangan persis dengan salah satu pasar souvenir dan pernak-pernik oleh-oleh bernama Kutabex Market. Sayangnya saya tidak mengambil gambar di bagian luarnya persis. Jadi, saya mengambil dari Google bagaimana penampakan bagian luar dari hotel ini.

Lokasi Maharani Beach Hotel yang Berseberangan dengan Kutabex Market

Lokasi Maharani Beach Hotel yang Sangat Dekat dengan Pantai Kuta (Perhatikan Kotak Warna Merah pada Gambar)

Dari gambar-gambar di atas, menunjukkan bahwa Maharani Beach Hotel ini benar-benar sangat strategis bukan, khususnya jika memang tujuan utama wisata memang ingin menikmati Pantai Kuta. Kita tidak perlu berjalan jauh untuk menuju pantai tersebut jika menginap pada hotel ini.

Sarapan pada Hotel

Untuk kualitas sarapan pada hotel ini sendiri, dapat saya katakan sudah sangat cukup dan dapat memenuhi kebutuhan makan pagi kami. Dari segi varian memang cukup standar, seperti roti, nasi goreng, nasi putih, kemudian lauk-pauk seperti telur, sosis, ayam, daging, dan sayuran yang berganti-ganti di tiap harinya. Untuk minumannya pun standar, seperti jus buah-buahan, air mineral, serta kopi dan teh panas. Akan tetapi, secara keseluruhan, kami sangat menikmati di setiap sarapan kami.

Penampakan Sarapan di Salah Satu Hari

Kesimpulan

Menginap pada Maharani Beach Hotel ini menurut saya sangat-sangat-sangat direkomendasikan, khususnya jika teman-teman memang ingin pergi berlibur dengan budget minim namun menginginkan suasana yang tetap nyaman dan puas. Pada tulisan ini saya menuliskan harga kamar per malam di jenis kamar tertinggi. Jika melihat melalui aplikasi travel online yang sama, untuk harga per malam di jenis kamar standar adalah sekitar 500rb-an per malamnya. Namun demikian, menurut saya untuk harga sekian cukup worth it untuk lokasi hotel yang super-super-super strategis. Dan lagi, ini hotel bintang 3 lho, bukan hotel melati ataupun kos-kosan harian yang mungkin lokasinya lebih jauh lagi dari Pantai Kuta.

Oiya, ada sebuah kesan yang benar-benar menempel dalam ingatan karena saking “tumben”-nya. Dan ini adalah kesan yang kami dapatkan dari staff hotel. Jarang-jarang banget lho kami mendapat saran yang baik dari seorang staff hotel seperti itu, jika dibandingkan dengan beberapa pengalaman menginap pada hotel-hotel sebelumnya.

Jadi, kami memang check out pada hari Minggu-nya di tanggal 13 Mei 2018. Nah, karena flight kami masih di malam harinya, dan posisi Bandara I Gusti Ngurah Rai juga sangat dekat dari area Kuta, maka kami berpikir di hari-hari sebelumnya, bagaimana kalau misal kita menambah setengah hari untuk beristirahat pada hotel sambil menunggu penerbangan pulang kembali ke Jakarta. Dan terkadang memang kami suka melakukan hal demikian saat menginap beberapa kali di hotel-hotel lain, di mana kalau saat selesai menginap, jadwal keberangkatan kereta atau travel kami masih baru berangkat di sore harinya atau malam harinya.

Nah, saat kami datang ke bagian resepsionis hotel, kami mendapatkan jawaban yang tidak biasanya. Staff hotel tersebut malah menyarankan kami untuk tidak menambah charge hotel selama setengah hari (sampai jam 6 sore), dan malah menyuruh kami untuk berpikir ulang saja walaupun kami mampu membayarnya. Entah sih, menurut saya jawaban seperti ini termasuk langka, apalagi memberikan saran yang menurut saya sangat baik dan justru malah dapat membantu “menyelamatkan” keuangan kami. Di sini lah yang membuat saya teringat terus akan momen tersebut, karena jarang-jarang deh ada staff hotel yang mau memberikan saran jujur. Sudah begitu menyampaikannya pun dengan bahasa yang sangat santun dan sopan sekali, makin-makin jadi kepikiran juga atas sarannya kan. (kalau soal urusan sikap dan tutur kata, di mana-mana juga ramah sih, semacam SOP pelayanan dalam hotel kan ya)

Dan pada akhirnya, kami pun tidak jadi menambah charge hotel setengah hari, dan kami memilih untuk menyewa mobil beserta supir untuk menjelajah beberapa tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari area Kuta dan Bandara. (oiya untuk cerita tentang driver ini, akan saya ceritakan pada tulisan selanjutnya ya, hehe, lumayan terasa unik juga soalnya bagi saya saat melihat driver ini)

– – – – –

Nah, jadi begitulah cerita dan review singkat mengenai hotel tempat kami menginap selama di Bali. Mudah-mudahan teman-teman yang mampir pada tulisan ini, bisa mendapatkan manfaat dan inspirasi ya.

Baiklah. Mari berlibur! Tunggu apa lagi? 🙂

1 thought on “Setelah 28 Tahun, Akhirnya Ke Bali Juga! – Part 2”

1. Baik juga staf hotelnya ngasih saran untuk jalan-jalan, tapi tamunya udah check out yah.
    Harganya cukup bagus untuk lokasi strategis kayak gitu.