Culinary, Entertainment, Hobby, Public Transportation, Review Hotel, Traveling

Review Fave Hotel Melawai – Blok M

Halo lagi internet!

Wow-wow! Rasanya saya sedang bersemangat. Haha! Kembali lagi, saya akan membahas dan me-review sebuah hotel. Dan giliran kali ini jatuh pada Fave Hotel Melawai yang sebenarnya letaknya persis dekat dengan Blok M Square. Yuk, cekidot gan!

Pada mulanya mengapa saya menginap pada hotel ini? Ya, seperti biasa karena iseng. Oh wait, iseng? Buang-buang duit donk kamuh! No, no, nggak, kami bukan tipe yang suka buang-buang duit. Nyarinya susah, bo! Hehe. Ya, kebetulan memang dalam minggu-minggu kala itu, load pekerjaan yang sedang saya handle memang sedang banyak-banyaknya dikerjakan, walau sebenarnya yeah…..nggak capek-capek amat sih, hanya, rasanya badan memang terasa sedikit penat. Haha. (alasan kamu, gan! wkwk) 😀 

 

Saya menginap dari tanggal 11 – 13 Agustus 2017. Saat itu memang kebetulan suami memang ada acara keluarga menemani Tante ke Samarinda, akan tetapi saya tidak dapat ikut, dikarenakan di hari Jumat-nya saya memang masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan segera, jadi yah, mau bagaimana lagi. Ditambah saat itu, di bulan depannya, yaitu September 2017, saya akan mengambil cuti banyak, karena urusan keluarga juga, hehe. (saat saya menulis ini, cutinya sudah saya lakukan pada minggu lalu, 😀) Saya pun izin kepada suami perkara ide menginap ini, dan alhamdulillah suami meng-iya-kan. Yeay! Dan kebetulan juga, di hari Sabtu-nya, 12 Agustus 2017, ada sebuah konser klasik (orkestra) yang diselenggarakan di Balai Resital Kertanegara di mana lokasinya tidak jauh dari Blok M, pluuus kebetulan yang dadakan juga, ada teman semasa kuliah yang akhirnya menemani saya menginap di hotel di hari Sabtu sampai dengan Minggu-nya, karena sama-sama akan menonton konser tersebut. (tenang, temen cewek kok! :D)

 

Konser Jakarta Sinfonietta di Balai Resital Kertanegara

 

– – –

 

Hotel budget bintang 3 (tiga) ini merupakan hotel yang termasuk dalam kategori hotel baru dengan mengusung konsep hotel budget “kekinian”, modern, dan memang tipe-tipe seperti ini diperuntukkan bagi para backpacker. Akan tetapi, saya berkesempatan menginap di hotel ini pada saat weekend, bukan dalam urusan atau kegiatan kerja.

 

Lokasi ini jika boleh saya bilang atau katakan adalah, sangat sangat sangat dan superrr strategis. Karena apa? Karena lokasinya persis di samping Blok M Square. Apalagi jika memang sengaja memiliki tujuan untuk berlibur dan untuk berwisata belanja di area Blok M. Bagaimana tidak? Keluar dari hotel, teman-teman sudah menjumpai Blok M Square di depan mata, sudah begitu pintu hotel tegak lurus dengan salah satu pintu masuk mall tersebut. Nah kan? Kurang strategis apalagi coba? Hahaha.

 

Lalu bagaimana dengan harga? Jangan khawatir, walaupun lokasi hotel ini begitu sangat strategis, harga per malamnya tidak terlalu mahal, alias relatif murah. Sebagai perbandingan, untuk harga kamar tipe standard adalah sekitar Rp 350.000,-an per malamnya untuk waktu weekend (karena pada saat saya menginap adalah waktu weekend, bukan weekday). Apalagi jika melakukan booking melalui aplikasi travel online seperti agoda, traveloka, maupun aplikasi lain semacamnya, bisa-bisa mendapatkan diskon tambahan atau diskon bawaan dari aplikasi-aplikasi tersebut.

 

Berikut penampakan Kamar Standard Fave Hotel Melawai:

 

 

Sebenarnya pada saat booking saya sudah request untuk kamar yang menghadap ke arah luar, alias arah bagian depan yang berhadapan langsung dengan Blok M Square, akan tetapi yang saya dapatkan malah di sisi bagian dalam (bukan menghadap ke bagian luar hotel). Sempat kecewa pada awalnya, namun setelah mendengar penjelasan dari petugas resepsionis yang mengatakan kalau tipe kamar standard dengan single bed sudah tidak ada yang menghadap ke bagian luar, karena yang bagian luar itu tersisa yang double bedYeah…..walau sebenarnya saya masih dongkol dan tidak terima, tapi yasudah lebih baik saya terima dan berdamai saja dengan keadaan. Haha. (lebay banget yak perkara letak posisi kamar doank :D). Akan tetapi, setelah tau dadakan yang ternyata kawan saya ternyata mau menemani saya menginap, tau begitu, saya akan ambil tuh kamar double bed. Hahaha. Yah…yasudahlah.

 

Next…

 

Untuk sarapan pagi pada hotel ini, menurut saya sudah sangat enak ya, dengan berbagai varian sarapan yang diberikan. Ada bentuk sereal, salad, roti, bubur, hingga makanan berat nasi atau mie beserta lauk-pauknya.

Omelette Fave Hotel Melawai

 

Dan yang menjadi unik adalah, letak ruang makan atau restoran hotel ini ternyata berada pada lantai yang menyambung dengan bangunan sebelah, yaitu terletak pada lantai 2. Dan setelah dilihat-lihat juga, properti seperti meja dan kursi makan, ternyata milik Kedai Kopitiam, di mana memang letak warung kopi tersebut bersebelahan persis dengan hotel ini. Jadi, ruang makan yang digunakan oleh Fave Hotel Melawai ini merupakan ruangan share dengan Kedai Kopitiam. Mungkin sistem pembagian jadwalnya menjadi begini, pada pagi hari diperuntukkan untuk sarapan pagi Fave Hotel Melawaikemudian pada siang harinya barulah untuk Kedai Kopitiam. Lagipula jam sarapan berbatas hanya dari jam 6 pagi sampai dengan jam 10 pagi saja, sementara toko-toko atau tempat makan atau cafe-cafe pada umumnya baru akan buka sekitar pukul 10 – 12 siang. Boleh juga ya idenya. (sayang saya tidak sempat memotret seluruh bagian ruang makan tersebut, hiks)

 

Yang lebih seru lagi, pada saat malam hari, akan berjejer banyak kuliner lesehan yang digelar pada sisi Blok M Square yang berhadapan langsung dengan hotel ini! Karena sisi-sisi lain Blok M Square tidak ada gelaran kuliner lesehan seperti sisi yang satu ini. Nah, ciamik bukan? Hehe. 😀 Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin mencari makan malam atau jajanan pada malam hari. Hanya sayangnya, kuliner lesehan ini tidak sampai jam 12 malam biasanya sudah habis dan tutup. Pada awalnya, saya pikir kuliner malam tersebut akan buka dengan overtime lebih dari jam 12 malam, mengingat waktu weekend biasanya akan banyak orang yang berkegiatan malam di area wisata tersebut, tapi ternyata tidak demikian.

 

– – –

 

Atraksi-atraksi wisata belanja yang dapat dituju dari hotel ini antara lain, jelas yang pertama adalah Blok M Square, yang terletak persis di seberang hotel. Kemudian ada Pasaraya Blok M yang terletak di belakang hotel, di mana setelah keluar dari hotel, pengunjung diharuskan berjalan ke arah kanan mentok kemudian belok kanan, maka lokasi Pasaraya Blok M sudah terlihat di sebelah kanan. Perlu diketahui juga bahwa lokasi Pasaraya Blok M ini bersebalahan persis dengan Terminal Bus Blok M non-TransJakarta. Untuk halte TransJakarta itu sendiri, terintegrasi (menyatu) dengan Blok M Square, di mana jika ingin menuju ke sana, pengunjung diharuskan melalui bagian basement gedung Blok M Square.

 

Oh iya, ada lagi! Di atas Blok M Square ini juga terdapat Masjid Raya atau Masjid Besar yang saaangat luas, di mana di tiap minggunya suka diselenggarakan pengajian dan mendatangkan ustad-ustad ternama negeri ini. Nah kan, hotel ini benar-benar strategis bukan? Selain itu, hotel ini juga terletak dekat dengan Mall Blok M Plaza yang berada di arah barat dari Blok M Square, serta dekat juga dengan club-club (diskotik) dan restoran Jepang yang identik dengan “kehidupan malam”.

 

(Sungguh super unik ya area Blok M dan Melawai ini. Di sisi lain, pada saat malam hari, areanya penuh kelap-kelip khas hiburan malam, sementara di tengah-tengah-nya atau di “jantung” atau pusat-nya area Blok M dan Melawai ini, terdapat Masjid Raya Megah yang sudah saya sebutkan tadi yang berada di atas Blok M Square tersebut. Kontras sekali rasanya, apalagi jika menikmati area ini dari pagi, siang, sore, hingga malam hari, akan terasa sekali “perbedaan” dan “kontras”-nya. Haha.)

 

Lokasi Fave Hotel Melawai

 

Tunggu apa lagi. Mari berkemas dan hilangkan penat sejenak. Mari liburan! 😀

Advertisements

3 thoughts on “Review Fave Hotel Melawai – Blok M”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s