The Failed Birthday Crepe-Pan”Cake” (Resep Crepe Cake)

Selamat ulang tahun Kakak Suami…!

21.03.2016

 

20160321_052510.jpg

Sebelum Nyurprise Pagi2 Subuh

 

Teringat beberapa tahun lalu saat saya pertama kali memberikan kejutan kepada (calon) suami saya kala itu yang masih menjalani program studi S2-nya. Siang-siang celingak-celinguk ke gedung prodi lain, menuju lab Beliau. Hahaha.

 

Tahun ini, saya kembali mencoba untuk membuat sesuatu. Resep saya temukan di sebuah halaman facebook luar negeri yang berisikan resep-resep unik nan simpel dalam prakteknya. Dan saya membuat sebuah crepe-pan”cake” untuk menu “Birthday Surprise” kali ini. Mumpung karena pagi hari juga, sekalian kan sarapan. Hehehe.

 

Bahan Crepe:
1) 1  2/3 cup cake flour (saya pakai Kunci Biru & based on web 1 cup = 110 gram).
2) 3 tsp chocolate powder (saya pakai Cocoa Powder Van Houten).
3) 3 telur utuh.
4) 3 kuning telur ajah.
5) 3 tsp gula (atau sesuai selera, ternyata ini kurang manis).
6) 600 ml susu putih segar (saya pakai Greenfields).

 

Steps Bikin Adonan Crepe:
1) Ke-6 bahan di atas mixer semua sampe nyampur se-nyampurnya.
2) Diemin 30 menit.
3) Setelah didiemin 30 menit, tambahin 40 ml unsalted butter (dicairin & saya pakai Elle & Vire).
4) Kocok2 sampe nyampur banget.

 

Steps Bikin Crepes Lembek (saya bikin kurang lebih 30 layers):
1) Panasin teflon (please kudu yg bersih mulus jangan ada bekas gosong).
2) Lapisin permukaan teflon dengan mentega/butter dikit (biar licin & nggak lengket).
3) Ambil 2 sdm adonan crepe & bikin lingkaran tipis di atas teflon yg udah panas (setelah saya pikir2, harusnya 3 sdm euy sesuai petunjuk aslinya).

 

Setelah semua crepes ready, then, bikin adonan coklat buat ngelapis cake2 ituh.

 

Bahan Adonan Cairan Coklat:
1) 250 gram coklat block (saya pakai L’agie).
2) 50 gram unsalted butter (saya pakai Elle & Vire).
3) 100 ml Whipping Cream Cair (saya pakai Anchor).
4) 150 ml susu putih segar (saya pakai Greenfields).
5) 55 gram gula.
6) (seharusnya) Espresso 100 ml (tp saya tadi skip saja karena mikirnya Abang nggak doyan kopi).

 

Steps Bikin Cairan Coklat:
1) Rebus air di panci panas.
2) Taruh baskom/sejenisnya di atas panci (ditumpuk).
3) Cacah2 atau potong2 kecil coklat block nya. Semuanya se-250 gram-nya.
4) Masukin unsalted butter-nya yang 50 gram ituh.
5) Aduk2 sampai lembek & nyatu (si coklat & unsulted butter).
6) Masukin whipping cream, susu segar, & gula.
7) Aduk-aduk merata.
8) Terakhir, (yang seharusnya dilakukan) tambahin espresso-nya.
9) Aduk-aduk.

 

Bikin Pan”cake” Birthday-nya:
1) Tinggal ditumpuk-tumpuk crepe-nya dengan tiap layer dilapisi coklat cairan coklat barusan.
2) Jadi deh.
3) Walau failed!
4) Dan ini padahal mengambil resep dari sebuah page fb & ternyata nggak semudah (se-apik) video tutorialnya. Hahaha.

 

Selamat mencoba!

🙂

Leave a Reply

