“Kuncinya Hanya Satu : Sabar,” He Said.

Suatu ketika gw dipanggil untuk interview di sebuah perusahaan. Saat itu memang saat-saat menuju masa akhir proyek Tanjung Priok. Ya…namanya orang, pengen cari sana-sinilah… Hehe. Beruntunglah ada yang memanggil, walau pada akhirnya enggak keterima juga sih. Entahlah. :p

– – –

Saat datang pertama kali, gw kaget. Karena gw pikir hanya sekedar wawancara biasa sambil berdiskusi tentang jobdesk posisi yang gw lamar. Ternyata di hari yang sama juga, gw harus mengikuti psikotes calon pegawai. Yah…enggak ada persiapan banget saat itu. Gw cuma mikir, psikotes ya, psikotes aja. Lanjut gan! Haha.

Ada yang menarik. Kalian tahu kan yang namanya tes menggambar pohon dan menggambar orang? Nah itu. Gw enggak tahu apa namanya dah itu tes. Pada saat kita (gw dan peserta psikotes lainnya) disuruh menggambar orang, instruksinya memang hanya disuruh menggambar seseorang yang sehari-hari kita temui atau seseorang yang dekat. Udah, itu aja. Gw pikir akan seperti biasanya setelah nggambar, pasti disuruh nyebutin sebatas dia siapa dan profesinya apa. Gitu. Eh ternyata, gak sebatas itu.

Yang menariknya adalah, penguji minta sebutin macem-macem. Salah satunya adalah 5 hal negatif dari orang tersebut. Jedher! Gw langsung kebingungan kayak orang kena checkmate. Untuk soal-soal lainnya seperti kelebihan, hal positif, hobi/kebiasaan, ciri khas diri, masih bisa deh lancar njawabnya. Pas bagian nyebutin hal-hal negatif, lamaaaaa banget ngisinya. Seriously, lama!
Ampe detik-detik terakhir pun, gw nyerah, harusnya (syarat) gw sebutin 5, keisi cuma 3, ya, 3! Itupun gw isi hal-hal umum, seperti kesal karena kecewa atas pelayanan publik yang tidak ramah, dan ketiga-tiganya mirip, tinggal diganti-ganti aja tempatnya, mall, halte busway, restoran. Yeah, cuma 1 jawaban itu sih.

– – –

Ya, waktu itu gw nggambar laki gw. Andai tahu ada pertanyaan itu, mungkin gw akan gambar orang lain, bisa jadi kayak adek gw yang suka bandel. (Eh enggak dhink, nggak bandel, :p)

– – –

Yup. Saat tes hari itu, gw bener-bener makin menyadari kalau beliau memang-yeah-terlalu sempurna sebagai seseorang yang berjenis kelamin laki-laki. Kalau katanya laki-laki itu penuh ego, mau menang sendiri, kemudian di saat-saat tertentu akan galak/marah, well, beliau ini hampir gak ada satu pun hal tersebut nempel dalam diri beliau. Gw lebay? Ya, tentu saja gw lebay! Tapi sesungguhnya gw ini bener-bener keterlaluan kurang bersyukur buat setiap hal, apa aja, yang kadang gw ngedumelin, entah dalem ati atau lewat mulut.

Kesel sama petugas busway, ngadunya ke beliau. Kesel sama mbak-mbak SPG sok cantik jutek di Matahari, ngadunya ke beliau. Kesel sama orang-orang yang nggak bisa antri dengan tertib di toilet bioskop, ngadunya ke beliau. Kesel sama supir taksi yang gw liat sengaja banget muter-muterin kita biar mahal argonya, ngadunya ke beliau. Kesel sama supir angkot yang kurang ajar (ngata-ngatain jelek) ke turis asing, ngadunya ke beliau. Kesel sama gaun gamis bagian bawah jadi kotor karena keinjek orang, ngadunya ke beliau. Kesel karena diri sendiri gampang kegoda sama diskon, ngadunya ke beliau. Daaan…berbagai hal lainnya yang bisa gw kesel-in. Astaghfirulloh ih lo gan. 😦

Mudah-mudahan dengan makin banyaknya gw merenungi sifat & perangai gw yang super buruk ituh, gw bisa jadi perempuan yang semakin mendambakan dan menyenangkan. (Walau kata laki gw, secerewet-cerewetnya gw, beliau enggak akan pernah kesel atau marah. Tapi gw akan balik kesel ke diri gw sendiri. T^T) Aamiin!

Oke gan. Lo emang harus banyak-banyak istighfar & banyak-banyak bersyukur! Serius.
Banyak-banyak merenung tanpa dilanjutkan dengan perubahan-perubahan ke arah kebaikan, itu sih sama aja bo’ong. Noted!

– – –

Jakarta, 13 Desember 2014
Kondisi: Habis kesel bingit sama kerumunan orang-orang yang gak sabaran berebut mau naik Trans Jakarta sampe-sampe gak mau kasih jalan / nutupin jalan orang-orang yang lagi mau turun, salah satunya gw!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s